New Media Dan Gerakan Sosial (Studi Kualitatif Siasat Pemanfaatan Sosial Media Instagram Komunitas Pelajar Yogyakarta Dalam Gerakan Sosial Pada Tahun 2021)

Zulfiqri, Ahmad (2021) New Media Dan Gerakan Sosial (Studi Kualitatif Siasat Pemanfaatan Sosial Media Instagram Komunitas Pelajar Yogyakarta Dalam Gerakan Sosial Pada Tahun 2021). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komuikasi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (59kB)

Abstract

Komunitas Pelajar Peduli Yogyakarta merupakan komunitas yang memanfaatkan media baru dalam gerakan sosial untuk berinteraksi dan membuat jaringan komunikasi, media yang difokuskan adalah media sosial instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan siasat pemanfaatan media baru yang digunakan oleh Komunitas Pelajar Peduli Yogyakarta dalam setiap gerakan sosial menurut Macionis (2014). Teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori mediamorfosis milik Roger Filder (2003). Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif dan paradigma post- positivis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media baru instagram yang dilakukan oleh komunitas pelajar peduli yogyakarta pada tahap kemunculan berupa (1) penyebaran isu-isu melalui Pesan Persuasif, (2) pemanfaatan instagram pada penulisan caption, (3) pemilihan waktu saat memposting. Pada Tahap Pengabungan berupa (1) postingan live report kegiatan, (2) kerjasama dengan kelompok atau organisasi lain, (3) Pemanfaatan fitur hastag. Pada tahap formalisasi berupa (1) Pemanfaatan fitur instalive dan instastory. Dan pada tahap hasil dan penurunan berupa (1) perubahan atau perbaikan tampilan filter. Ditemukan juga bahwa gerakan sosial yang dilakukan komunitas pelajar peduli Yogyakarta berdasarkan teori New social movement yang mana diliat dari 4 kriteria yang ada komunitas ini memenuhi kriteria dan melakukan gerakan sosial baru.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Media Baru, Gerakan Sosial Baru, Teori Mediamorfosis
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:16
Last Modified: 21 Jan 2022 04:22
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13738

Actions (login required)

View Item View Item