ANALISIS HASHTAG #DIRUMAHAJA PADA AKUN INSTAGRAM DALAM MEMPERSUASIF MASYARAKAT UNTUK TETAP DI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19 BULAN MARET 2020

Maharani, Aidina (2021) ANALISIS HASHTAG #DIRUMAHAJA PADA AKUN INSTAGRAM DALAM MEMPERSUASIF MASYARAKAT UNTUK TETAP DI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19 BULAN MARET 2020. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB 1.pdf

Download (598kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI #dirumahaja_Aidina Maharani-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dari konten di Instagram yang telah dibubuhkan oleh sebuah hashtag #dirumahaja. Penelitian diambil saat fenomena pandemi virus corona (covid-19) sedang menyebar. Hipotesis yang diajukan adalah bagaimana alur dari konten hashtag #dirumahaja dalam menyebarkan pesan sebagai bentuk kampanye yang dilakukan negara ini guna menghentikan penularan virus covid-19 kepada masyarakat. Peneliti menguji hashtag #dirumahaja pada platform Instagram. Subjek dari penelitian ini adalah pemilik akun instagram yang mengunggah konten dengan membubuhkan hashtag #dirumahaja pada bulan Maret 2020. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana peneliti berusaha menganalisis kemudian menjelaskan alur bagaimana sebuah pesan tersampaikan melalui hashtag.
Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa model AISAS sesuai digunakan pada proses menyebaran suatu pesan. Model AISAS menjelaskan bahwa audiens melakukan tahapan mencari informasi (search) dan kemudian membagikan pengalamannya terhadap sesuatu (share). Tahapan berbagi ini lah yang nantinya menciptakan word of mouth dan viral sehingga masyarakat akan terpersuasif dan menaati himbauan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: hashtag #dirumahaja, Instagram, AISAS, persuasif
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:02
Last Modified: 11 Jan 2022 03:02
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13760

Actions (login required)

View Item
View Item