Analisis Hashtag #Dirumahaja Pada Akun Instagram Dalam Mempersuasif Masyarakat Untuk Tetap Di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Bulan Maret 2020

Maharani, Aidina (2021) Analisis Hashtag #Dirumahaja Pada Akun Instagram Dalam Mempersuasif Masyarakat Untuk Tetap Di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Bulan Maret 2020. Analisis Hashtag #Dirumahaja Pada Akun Instagram Dalam Mempersuasif Masyarakat Untuk Tetap Di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Bulan Maret 2020. pp. 1-12.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Aidina Maharani.docx

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dari konten di Instagram yang telah dibubuhkan oleh sebuah hashtag #dirumahaja. Penelitian diambil saat fenomena pandemi virus corona (covid-19) sedang menyebar. Hipotesis yang diajukan adalah bagaimana alur dari konten hashtag #dirumahaja dalam menyebarkan pesan sebagai bentuk kampanye yang dilakukan negara ini guna menghentikan penularan virus covid-19 kepada masyarakat. Peneliti menguji hashtag #dirumahaja pada platform Instagram. Subjek dari penelitian ini adalah pemilik akun instagram yang mengunggah konten dengan membubuhkan hashtag #dirumahaja pada bulan Maret 2020. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana peneliti berusaha menganalisis kemudian menjelaskan alur bagaimana sebuah pesan tersampaikan melalui hashtag. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa model AISAS sesuai digunakan pada proses menyebaran suatu pesan. Model AISAS menjelaskan bahwa audiens melakukan tahapan mencari informasi (search) dan kemudian membagikan pengalamannya terhadap sesuatu (share). Tahapan berbagi ini lah yang nantinya menciptakan word of mouth dan viral sehingga masyarakat akan terpersuasif dan menaati himbauan tersebut.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: hashtag #dirumahaja, Instagram, AISAS, persuasif
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:02
Last Modified: 19 Jan 2022 06:27
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13761

Actions (login required)

View Item View Item