Perancangan Iklan Kreatif Sebagai Kampanye Sosial Dari Sedotan Bambu Jogja Untuk Pengurangan Sampah Plastik Di Yogyakarta Melalui Sosial Media Instagram Dan Media Luar Ruang (Design Of Creative Advertising As A Social Campaign From Sedotan Bambu Jogja Suspension Of Plastic Waste Reduction In Yogyakarta Through Instagram And Outdoor Media Placement)

Nurdiana, Hellen (2021) Perancangan Iklan Kreatif Sebagai Kampanye Sosial Dari Sedotan Bambu Jogja Untuk Pengurangan Sampah Plastik Di Yogyakarta Melalui Sosial Media Instagram Dan Media Luar Ruang (Design Of Creative Advertising As A Social Campaign From Sedotan Bambu Jogja Suspension Of Plastic Waste Reduction In Yogyakarta Through Instagram And Outdoor Media Placement). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[img] Text (Naskah Publikasi)
2.Naskah Publikasi Hellen Nurdiana (200730219).docx

Download (903kB)

Abstract

Pemanasan global dan perubahan iklim terjadi bukan hanya karena manusia melakukan penebangan hutan, tetapi juga pencemaran lingkungan. Salah satunya adalah pencemaran yang berasal dari plastik. Berbagai komunitas telah melakukan kampanye pengurangan penggunaan produk kemasan plastik sekali pakai. Perancangan iklan kreatif audio visual sebagai kampanye sosial pengurangan sampah plastik memiliki tujuan untuk memberikan informasi bagaimana proses perancanganan hingga penempatan iklan kreatif melalui media sosial Instagram dan media luar ruang. Penulis memakai metode pengumpulan data, kemudian metode analisis SWOT. Selanjutnya penulis melakukan perancangan iklan kreatif berupa video stop motion, merchandise, poster, X-banner dan Booklet. Iklan kreatif digunakan sebagai kampanye sosial untuk menyampaikan informasi dan pesan mengenai pentingnya menjaga lingkungan, serta dapat membantu UMKM untuk terus produktif juga dapat mengurangi dampak negatif dari produk-produk yang menggunakan bahan plastik sekali pakai.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Kampanye Sosial, Iklan Kreatif, Sampah Plastik, Sedotan Bambu
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 10 Jan 2022 05:45
Last Modified: 21 Jan 2022 04:26
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13831

Actions (login required)

View Item View Item