Pengaruh Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia pada Periode 2015-2019)

Hutauruk, Jack Sambera Junior (2021) Pengaruh Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia pada Periode 2015-2019). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh profitabilitas terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia, (2) Pengaruh likuiditas terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia, (3) Pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini, berdasarkan kriteria purposive sampling diperoleh 8 perusahaan sebagai sampel. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan tahun 2015-2019 yang diperoleh melalui website resmi Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis deskriptif, kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa: (1) Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen, (2) likuiditas tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen. (3) Profitabilitas dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Profitabilitas, Likuiditas, Kebijakan Dividen
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:51
Last Modified: 20 Jan 2022 02:51
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14150

Actions (login required)

View Item
View Item