LAPORAN AKHIR PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT KERJASAMA UMBY - UPSI DANA UMBY PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI USAHA BUDIDAYA AYAM KAMPUNG SECARA TERPADU DI MARGOMULYO, SEYEGAN, SLEMAN

Dewi, Sri Hartati Candra and Suwarta, Fransiscus Xaverius and Astuti, Niken and Sundari, Sundari (2021) LAPORAN AKHIR PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT KERJASAMA UMBY - UPSI DANA UMBY PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI USAHA BUDIDAYA AYAM KAMPUNG SECARA TERPADU DI MARGOMULYO, SEYEGAN, SLEMAN. Project Report. Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text (Laporan Program Pengabdian Masyarakat)
LAPORAN AKHIR PPM_UPSI-UMBY_CANDRA DKK_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pandemi covid-19 sudah satu tahun di Indonesia, dengan jumlah kasus per 15 Maret 2021 mencapai 1.425.044 orang (Pikiran-Rakyat.com dari situs Covid19.go.id). Akumulasi pasien yang sembuh dari Covid-19 mencapai 1.249.947 orang atau sekitar 87.7 persen. Total kasus kematian akibat pandemi virus corona di Indonesia mencapai 38.426 orang, masih di kisaran 2.7 persen. Di dusun Mriyan XI, desa Margomulyo, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman terdapat 80 anggota PKH, sejak pandemi covid-19 melanda Indonesia. Anggota PKH ini yang menjadi sasaran dalam program ini untuk meningkatkan pendapatan keluarga, sehingga kesejahteraan keluarganya akan dapat ditingkatkan. Dampak yang terjadi dari sisi ekonomi sangat memprihatinkan yaitu banyak terjadi pemutusan hubungan kerja, selain itu ada yang diturunkan gajinya karena perusahaan pendapatannya juga menurun. Hal ini mengakibatkan pendapatan masyarakat terjadi penurunan yang sangat drastis. Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan pemberian bantuan langsung kepada masyarakat melalui Kementrian Sosial. Bantuan langsung tunai untuk peserta PKH ini bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia, khususnya untuk ibu hamil dan balita, serta mengatasi dampak pandemi Covid-19 serta menggerakkan ekonomi nasional. Program bantuan sosial (bansos) ini tertuang dalam surat Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial nomor 02/3/BS.02.01/01/2020 tentang Indeks dan Faktor Penimbang Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan 2020. Di dusun Mriyan XI, desa Margomulyo, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman terdapat 80 anggota PKH, sejak pandemi covid-19 melanda Indonesia. Anggota PKH ini yang menjadi sasaran dalam program ini untuk meningkatkan pendapatan keluarga, sehingga kesejahteraan keluarganya akan dapat ditingkatkan. Dalam kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat yang dilakukan oleh Program Studi Peternakan, Fakultas Agroindustri, Universitas Mercu Buana Yogyakarta bekerjasama dengan Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia membantu anggota PKH dengan memberikan penyuluhan tentang peternakan ayam kampung dan tanaman jahe merah. Setelah penyuluhan dilakukan dilanjutkan dengan memberikan bantuan kepada tiap anggota PKH yang menjadi sasaran kegiatan ini berupa bibit ayam kampung 2 ekor, pakan dan 2 polybag bibit jahe merah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Peternakan
Depositing User: Peternakan UMBY
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:01
Last Modified: 20 Jan 2022 04:01
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14218

Actions (login required)

View Item View Item