Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Skala Usaha Dan Pelatihan Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Umkm Di Yogyakarta

Astri, Aprillia Revioni Putri Anggita (2021) Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Skala Usaha Dan Pelatihan Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Umkm Di Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI SKRIPSI.docx

Download (141kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan akuntansi, skala usaha, dan pelatihan akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian berada di Yogyakarta dengan populasi pemilik UMKM di wilayah Yogyakarta yang memiliki pengalaman mengikuti pelatihan akuntansi untuk kepentingan usahanya. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh 154 responden. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner kepada para pemilik UKM di Yogyakarta. Alat analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan akuntansi berpengaruh signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi pada pemilik UMKM di Yogyakarta. Skala usaha berpengaruh signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi bagi pemilik UMKM di Yogyakarta. Dan pelatihan akuntansi berpengaruh signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi pada pemilik UMKM di Yogyakarta.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Akuntansi, Skala Usaha, Pelatihan Akuntansi, Penggunaan Informasi Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 29 Jan 2022 04:31
Last Modified: 29 Jan 2022 04:31
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14412

Actions (login required)

View Item View Item