Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020)

Mubarok, Fathur Rozi (2021) Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI OZI.docx

Download (41kB)

Abstract

Penerapan prinsip Good Corporate Governance (GCG) didalam dunia usaha terutama di Indonesia merupakan suatu tuntutan saat ini agar perusahaan tidak terlindas oleh persaingan global yang semakin keras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh dewan komisaris terhadap kinerja keuangan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, (2) Pengaruh dewan komisaris independen terhadap kinerja keuangan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, (3) Pengaruh dewan direksi terhadap kinerja keuangan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, (4) Pengaruh komite audit terhadapkinerja keuangan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, (5) Pengaruh kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, (6) Pengaruh ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini, berdasarkan kriteria purposive sampling diperoleh 22 perusahaan sebagai sampel. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan tahun 2018-2020 yang diperoleh melalui website resmi Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis deskriptif, kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa: (1) Dewan komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan, (2) Dewan komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan, (3) Dewan direksi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan, (4) Komite audit berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan, (5) Kepemilikan institusional berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan, (6) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Dewan Komisaris, Dewan Komisaris Independen, Dewan Direksi, Komite Audit, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Kinerja Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 29 Jan 2022 04:31
Last Modified: 29 Jan 2022 04:31
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14414

Actions (login required)

View Item View Item