PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi kasus pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2017-2020) Felisia Adventiani

Adventiani, Felisia (2021) PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi kasus pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2017-2020) Felisia Adventiani. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text (BAB SATU)
BAB 1.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB DUA)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text (BAB TIGA)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text (BAB EMPAT)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text (BAB LIMA)
BAB 5.pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
skripsi_FELISIA ADVENTIANI_17061105 ( pdf).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)

Abstract

Salah satu tujuan penting pendirian suatu perusahaan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan pemiliknya atau pemegang saham, atau memaksimalkan kekayaan pemegang saham melalui peningkatkan nilai perusahaan. Untuk mewujudkan tujuan perusahaan dan mengatasi hambatan-hambatan tersebut, maka kebutuhan akan pelaksanaan good corporate governance (GCG) sudah merupakan kebutuhan wajib bagi suatu perusahaan. Sehingga menjadi keharusan bagi perusahaanperusahaan untuk menerapkan dan melaksanakan GCG agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Manfaat perusahaan menerapkan praktek GCG adalah recources yang dimiliki pemegang saham perusahaan dapat dikelola dengan baik, efisien dan digunakan semata-mata untuk kepentingan peningkatan nilai perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan di perusahaan manufaktur yang yang terdaftar di BEI . Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman untuk periode indonesia 2017-2020, menggunakan 36 sampel dari 9 perusahaan dengan metode purposive sampling. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah komisaris independen, Kepemilikan manajerial, dan komite audit sedangkan veriabel depeden dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan. Alat analisis yang diggunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunaka program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa komisaris indepeden, kepemilikan manajerial, dan komite audit tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance dan Kinerja Keuangan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 29 Jan 2022 04:30
Last Modified: 29 Jan 2022 04:30
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14415

Actions (login required)

View Item View Item