Faktor-Faktor Penentuan Harga Jual Kain Tenun Ikat Sumba Timur Di Kecamatan Kambera, Desa Palumarung (Studi Kasus Pada Usaha Tenun Ikat Di Desa Palumarung Kecamatan Kambera Kabupaten Sumba Timur)

Konda, Natasya Mersy (2021) Faktor-Faktor Penentuan Harga Jual Kain Tenun Ikat Sumba Timur Di Kecamatan Kambera, Desa Palumarung (Studi Kasus Pada Usaha Tenun Ikat Di Desa Palumarung Kecamatan Kambera Kabupaten Sumba Timur). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naska Publikasi S K R I P S I_Natasya Mersy Konda_17061092.rtf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penentu harga jual kain tenun ikat yaitu pengaruh biaya produksi, motif kain, bahan baku pewarna, ukuran kain, dan persaingan harga pasar terhadap penentuan harga jual kain tenun ikat. Penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif dengan membagikan kuesioner kepada pengrajin kain tenun ikat untuk memperoleh data. Penarikan sampel dilakukan secara purposive dengan menggunakan teknik convenience sampling yang berjumlah 70 responden. Penelitian ini terdapat lima variabel independen yaitu Biaya Produksi (X1), Motif Kain (X2), Biaya Bahan Baku (X3), Ukuran Kain (X4), Persaingan Harga Pasar (X5), dan terdapata variabel dependen yaitu Penentuan Harga Jual Kain Tenun Ikat (Y). hasil pada penelitian ini menunjukan pada uji regresi linear berganda bahwa biaya produksi, motif kain, bahan baku pewarna, ukuran kain, dan persaingan harga pasar terdapat pengaruh terhadap penentuan harga jual kain tenun ikat. Dan hasil penelitian pada uji T menunjukan bahwa biaya produk, ukuran kain, bahan baku pewarna, ukuran kain, dan persaingan harga pasar tidak berpengaruh signifikan terhadap penentuan harga jual kain tenun ikat.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Biaya Produksi, Motif Kain, Bahan Baku Pewarna, Ukuran Kain, Persaingan Harga Pasar.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 29 Jan 2022 04:20
Last Modified: 29 Jan 2022 04:20
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14444

Actions (login required)

View Item View Item