PENGARUH BEBAN PAJAK, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di BEI Periode 2019-2020)

Pulungan, Sri Nofyana (2021) PENGARUH BEBAN PAJAK, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di BEI Periode 2019-2020). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
Journal _Skripsi_Sri Nofyana Pulungan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (62kB) | Request a copy

Abstract

Di ranah internasional, fenomena penghindaran pajak adalah transfer pricing. Putri (2019) menyebutkan bahwa transfer pricing secara umum adalah transaksi barang atau jasa dalam suatu kelompok usaha antara beberapa divisi dengan harga yang tidak pada tempatnya atau tidak wajar, mark up atau mark down. Perusahaan yang melakukan transfer pricing bertujuan antara lain pertama untuk menipu besarnya keuntungan perusahaan. Fenomena transfer pricing ini merupakan fenomena umum yang terjadi baik secara nasional maupun internasional. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan pembayaran pajak dan pembagian dividen. Kedua, memaksimalkan laba untuk memoles (window-dressing) laporan keuangan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur khususnya pada subsektor food & beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 26 perusahaan per tahun yang dikumpulkan selama periode 2019 hingga 2020.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Transfer Pricing, Pajak, Profitabilitas, Leverage, Penghindaran Pajak.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 29 Jan 2022 05:58
Last Modified: 29 Jan 2022 05:58
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14461

Actions (login required)

View Item View Item