Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, Investment Opportunity Set (Ios) Terhadap Struktur Modal (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Di Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bei Selama Periode 2016-2019)

Bali, Antonius Dara (2021) Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, Investment Opportunity Set (Ios) Terhadap Struktur Modal (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Di Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bei Selama Periode 2016-2019). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Antonius Dara Bali_18062316.docx

Download (92kB)

Abstract

Struktur modal merupakan gambaran dari bentuk proporsi finansial perusahaan yaitu antara modal yang dimiliki yang bersumber dari utang jangka panjang (long-term liabilities) dan modal sendiri (shareholders’ equity) yang menjadi sumber pembiayaan suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, struktur aktiva, investment opportunity set (ios) secara parsial dan simultan pada struktur modal perusahaan manufaktur makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Variabel independen pada penelitian ini adalah profitabilitas yang diproksikan dengan ROA, struktur aktiva diproksikan dengan FAR, dan investment opportunity set (ios) diproksi dengan MB/VE, sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah struktur modal yang diproksikan dengan DER. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan termasuk dalam sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2016-2019. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 11 perusahaan dengan 4 tahun periode amatan. Data yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasikan di www.idx.co.id. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas yang diproksikan dengan ROA secara parsial tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Struktur aktiva secara parsial berpengaruh negative dan signifikan terhadap struktur modal. investment opportunity set (ios) secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal. Profitabilitas, struktur aktiva, dan investment opportunity set (ios) secara simultan berpengaruh terhadap struktur modal. Hal ini menunjukkan bahwa struktur modal dipengaruhi profitabilitas, struktur aktiva, investment opportunity set (ios).

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: profitabilitas (ROA), Struktur Aktiva (FAR), Invesment Opportunity Set (IOS) MB/VE dan Struktur Modal (DAR).
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 31 Jan 2022 02:59
Last Modified: 31 Jan 2022 02:59
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14472

Actions (login required)

View Item View Item