PENGARUH PROFITABILITAS DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PAJAK PENGHASILAN BADAN (Studi Kasus Perusahaan sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI tahun 2017-2020)

Pandeirot, Yolanda Wisye Okriany (2022) PENGARUH PROFITABILITAS DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PAJAK PENGHASILAN BADAN (Studi Kasus Perusahaan sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI tahun 2017-2020). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (130kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas (NPM) terhadap Pajak Penghasilan Badan (PPh Badan), untuk menguji pengaruh biaya operasional terhadap Pajak Penghasilan Badan (PPh Badan), dan untuk menguji apakah profitabilitas (NPM) dan biaya operasional berpengaruh secara simultan terhadap Pajak Penghasilan Badan (PPh Badan). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2017-2020 yang berjumlah 46 perusahaan. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, dari 46 populasi perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2017-2020, hanya terdapat 10 perusahaan yang sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang di ukur menggunakan Net Profit Margin dan biaya operasional kemudian variabel dependennya adalah Pajak Penghasilan Badan (PPh Badan). Metode pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode studi dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Statistika Deskriptif, Uji Asumsi Klasik,dan Analisis Regresi Linier Berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa profitabilitas yang diukur menggunakan Net Profit Margin berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Pajak Penghasilan Badan (PPh Badan) pada perusahaan sektor sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2017-2020, biaya operasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pajak Penghasilan Badan (PPh Badan) pada perusahaan sektor sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2017-2020, kemudian profitabilitas dan biaya operasional berpengaruh secara simultan terhadap Pajak Penghasilan Badan (PPh badan) pada perusahaan sektor sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2017-2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Biaya Operasional, Pajak Penghasilan Badan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 31 Jan 2022 03:01
Last Modified: 31 Jan 2022 03:01
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14478

Actions (login required)

View Item View Item