LAPORAN AKHIR PENELITIAN UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA DANA: UMBY SKEMA: KERJASAMA DALAM NEGERI JUDUL PENELITIAN: NATION AND CHARACTER BUILDING MELALUI PENCAK SILAT

Nugraheningsih, Ginanjar and Broto, Danang Pujo and Dwitama, Muhammad Rafi (2021) LAPORAN AKHIR PENELITIAN UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA DANA: UMBY SKEMA: KERJASAMA DALAM NEGERI JUDUL PENELITIAN: NATION AND CHARACTER BUILDING MELALUI PENCAK SILAT. Project Report. Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta.

[thumbnail of Laporan Penelitian]
Preview
Text (Laporan Penelitian)
LAPORAN AKHIR PENELITIAN KERJASAMA DALAM NEGERI.pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nation and character building melalui pencak silat. Jika karakter dan moral bangsa baik, membangun bidang apapun akan mudah, dan akan berhasil dengan baik. Namun di sisi lain, jika karakter dan moral bangsa rusak (bobrok) maka untuk membangun bidang apa saja dan berapa banyak dibiayai, hasilnya akan mengecewakan. Untuk itu, kualitas sumber daya manusia Indonesia harus terus ditingkatkan melalui berbagai jalur, antara lain melalui pendidikan olahraga khususnya pencak silat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan metode survei menggunakan kuesioner. Melalui tahap pengujian validitas dan reliabilitas instrumen. Populasinya adalah 30 mahasiswa yang mengambil matakuliah Pencak Silat. Total sampling diambil untuk penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan persentase (%) dan rata-rata keseluruhan yaitu kategori tinggi diperoleh 85,25% dengan rata-rata 85,25. Kategori sedang diperoleh 11,08% dengan rata-rata 11,08. Kategori rendah diperoleh 3,66% dengan rata-rata 4,4. Disimpulkan bahwa karakter dan pembangunan bangsa melalui pencak silat yang dimiliki termasuk dalam kategori TINGGI. Kualitas sumber daya manusia yang dimiliki harus terus ditingkatkan melalui berbagai jalur diantaranya melalui pendidikan olahraga khususnya pencak silat. Melalui pencak silat dapat menciptakan karakter dan pembangunan bangsa yang positif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: nation, character, building, pencak, silat
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Ilmu Keolahragaan
Depositing User: THP UMBY
Date Deposited: 31 Jan 2022 02:37
Last Modified: 31 Jan 2022 02:37
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14479

Actions (login required)

View Item
View Item