Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Studi Kasus Pada Perusahaan Industri Otomotif Yang Terdaftar Di Bei Periode 2016-2020”.

Pratama, Rizqy Kurnia (2021) Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Studi Kasus Pada Perusahaan Industri Otomotif Yang Terdaftar Di Bei Periode 2016-2020”. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi (Rizqy Kurnia Pratama_18061082).docx

Download (74kB)

Abstract

Good Corporate Governance (GCG) merupakan peraturan yang dibuat perusahaan untuk berbagai pihak dan menjelaskan hubungan antara pihak managemen, pemilik perusahaan, kreditur, pemerintah, karyawan dan pihak yang berkepentingan dalam perusahaan untuk menjadi panduan dalam menjalankan kinerja perusahaan. . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Good Corporate Governance berpengaruh terhadap kinerja perusahaan untuk meningkatkan profitabilitas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Dewan Direksi, Dewan Komisaris, Komite Audit terhadap profitabilitas perusahaan industri otomotif yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) periode 2016-2020. Peneletian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan industri otomotif yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) periode 2016-2020 yang terdiri dari tujuh sampel perusahaan industri otomotif yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) periode 2016-2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi dengan menggunakan data dari www.idx.co.id . Pengukuran variabel independen diukur berdasarkan jumlah anggota Dewan Direksi, Dewan Komisaris, dan Komite Audit. Pengukuran Profitabilitas sebagai variabel dependen diukur menggunakan ROA (Return On Asset). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang didahului oleh analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas sebagai prasyarat uji regresi kemudian dilakukan pengujian keberatian koefisien regresi uji t. Hasil penelitian uji hipotesis menunjukan bahwa variabel Dewan Direksi tidak berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas perusahaan industri otomotif yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) periode 2016-2020 sedangkan variabel Dewan Komisaris dan Komite Audit berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas perusahaan industri otomotif yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) periode 2016-2020.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance (GCG), Dewan Direksi, Dewan Komisaris, Komite Audit, Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 02 Feb 2022 06:10
Last Modified: 02 Feb 2022 06:10
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14488

Actions (login required)

View Item View Item