“Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba” (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Dalam Sektor Industri Barang KonsumsiSubsektor Makanan dan Minuman )

Ramadhani, Mutiana Aizizah (2021) “Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba” (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Dalam Sektor Industri Barang KonsumsiSubsektor Makanan dan Minuman ). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Mutiana Aizizah R_17061190.docx
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti secara empiris tentang pengaruh Good Corporate Governance terhadap manajemen laba. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dewan komisaris independen, kepemilikan manajerial, dan komite audit. Populasi dalam penelitian ini adalah 26 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang berfokus pada sektor barang konsunsi – subsektor makanan dan minuman pada tahun 2020 yang berjumlah 26 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, sehingga dalam penarikan sampel untuk penelitian ini berjumlah 16 perusahaan. Dalam penelitian ini menggunakan data kuartal pada tahun 2020, sehingga didapatkan sampel sebanyak 64 data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, dan Uji Hipotesis. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 26. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menganalisis data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dewan komisaris independen, kepemilikan manajerial, dan komite audit tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: dewan komisaris independen, kepemilikan manajerial, komite audit, manajemen laba.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 07 Mar 2022 01:07
Last Modified: 07 Mar 2022 01:07
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14496

Actions (login required)

View Item View Item