Pengaruh Profitabilitas Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Sub Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019

Maria, Anna (2021) Pengaruh Profitabilitas Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Sub Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019. Naskah Publikais Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Anna Maria_18061096.docx

Download (91kB)

Abstract

Corporate Social Responsibility Disclosure merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap pemangku kepentingan baik secara langsung ataupun tidak langsung dengan meningkatkan kualitas lingkungan dan juga kesejahteraan masyarakat dengan mempertimbangkan dampak negatif yang dilakukan perusahaan. Legitimasi perusahaan dapat dilihat sebagai ekspetasi dari masyarakat sekitar perusahaan, sebagai usaha bersama bahwa terdapat sesuatu yang dicari oleh perusahaan dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA), kinerja lingkungan yang diproksikan dengan PROPER terhadap corporate social responsibility disclosure pada perusahaan sub sektor pertambangan yang terdaftar di BEI. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purpove sampling sehingga jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 16 perusahaan dari 69 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan tahun 2017-2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji parsial (uji t) dan alat bantu aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel profitabilitas berpengaruh negatif terhadap corporate social responsibility disclosure dan variabel kinerja lingkungan secara parsial berpengaruh positif terhadap corporate social responsibility disclosure.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Kinerja Lingkungan, Corporate Social Responsibility Disclosure
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 02 Feb 2022 06:11
Last Modified: 02 Feb 2022 06:11
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14504

Actions (login required)

View Item View Item