Analisis Pertanggungjawaban Penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2019 (Studi Di Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman)

Sari, Riana Intan (2022) Analisis Pertanggungjawaban Penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2019 (Studi Di Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pertanggungjawaban penggunaan dana desa di Desa Sumberharjo tahun anggaran 2019, kesesuaian antara pertanggungjawaban penggunaan dana desa di Desa Sumberharjo dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa , dan untuk mengetahui tantangan dan hambatan selama proses pertanggungjawaban penggunaan dana desa tahun anggaran 2019 di Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna dana desa yang mengelola keuangan desa yang melingkupi Desa Sumberharjo. Sampel ditentukan dari sebagian atau wakil populasi yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi kemudian membandingkan data sekunder penelitian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif evaluati dengan tiga langkah berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pertanggungjawaban penggunaan dana desa di desa sumberharjo tahun anggaran 2019 telah disampaikan secara transparan dan disajikan secara akuntabel baik kepada pemerintah maupun masyarakat sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa. Sedangkan tantangan dan hambatan dalam proses pertanggungjawaban dana desa sejauh ini belum ditemukan.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Profitabiitas, Likuditas, dan Harga Saham.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 02 Feb 2022 06:03
Last Modified: 02 Feb 2022 06:03
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14514

Actions (login required)

View Item View Item