PENGARUH SIMPANAN ANGGOTA DAN PINJAMAN ANGGOTA TERHADAP SISA HASIL USAHA (SHU) PADA KOPERASI PELITA YOGYAKARTA PERIODE 2016 - 2020

Lalundamu, Kristianus Kawau (2021) PENGARUH SIMPANAN ANGGOTA DAN PINJAMAN ANGGOTA TERHADAP SISA HASIL USAHA (SHU) PADA KOPERASI PELITA YOGYAKARTA PERIODE 2016 - 2020. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABS]
Preview
Text (ABS)
Abstrack.pdf

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI_KRISTIANUS KAWAU LALUNDAMU_18061026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Simpanan anggota merupakan simpanan yang wajib dimiliki oleh anggota koperasi dan tidak bisa mengambil kembali oleh anggota koperasi selama menjadi anggota dalam koperasi. Simpanan anggota hanya dilakukan sekali selama menjadi anggota dan jumlahnya ditentukan oleh koperasi. Jumlah sama dengan setiap anggota yang baru masuk. Sedangkan pinjaman merupakan penyediaan uang oleh koperasi simpan pinjam kepada anggota sebagai peminjaman berdasarkan perjanjian, yang mewajibkan peminjaman untuk melunasi dalam jangka waktu tertentu dan membayar jasa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa simpanan anggota berpengaruh negatif terhadap sisa hasil usaha (SHU), sedangkan pinjaman anggota berpengaruh positif terhadap sisa hasil usaha (SHU). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh simpanan anggota dan pinjaman anggota terhadap sisa hasil usaha di koperasi Pelita Yogyakarta periode 2016-2020. Peneletian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data sekunder berupa laporan keuangan tahunan di koperasi Pelita Yogyakarta periode 2016-2020 yang terdiri dari enam puluh sampel di koperasi Pelita Yogyakarta periode 2016-2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi dengan menggunakan data dari rapat anggota tahunan (RAT) periode 2016 – 2020. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang didahului oleh analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas sebagai prasyarat uji regresi kemudian dilakukan pengujian keberatian koefisien regresi uji t. Hasil penelitian uji hipotesis menunjukan bahwa simpanan anggota tidak berpengaruh signifikan terhadap sisa hasil usaha pada koperasi Pelita Yogyakarta periode 2016-2020, sedangkan variabel pinjaman anggota berpengaruh signifikan terhadap sisa hasil usaha pada koperasi Pelita Yogyakarta periode 2016-2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Simpanan Anggota, Pinjaman Anggota, Sisa Hasil Usaha.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 07 Mar 2022 01:07
Last Modified: 07 Mar 2022 01:07
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14519

Actions (login required)

View Item
View Item