Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak Hotel Dan Restoran Terhadap Penerimaan Pajak Daerah (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Yogyakarta)

Agustina, Eka (2021) Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak Hotel Dan Restoran Terhadap Penerimaan Pajak Daerah (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Yogyakarta). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi Eka Agustina (17061119).docx

Download (91kB)

Abstract

Kepatuhan adalah fenomena yang mirip dengan penyesuaian diri. Obedience (kepatuhan) didefinisikan sebagai sikap disiplin atau perilaku taat terhadap suatu perintah maupun aturan yang ditetapkan, dengan penuh kesadaran. Kepatuhan sebagai perilaku positif dinilai sebagai sebuah pilihan. Artinya individu memilih untuk melakukan, mematuhi, merespon secara kritis, terhadap aturan, hukum, norma sosial, permintaan maupun keinginan dari seseorang yang memegang otoritas maupun peran penting.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepatuhan wajib pajak hotel dan restoran terhadap penerimaan pajak daerah di Dinas Pendapatan Daerah Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil uji kualitas data menyatakan data valid dan reliabel. Analisis data yang diggunakan digunakan dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil uji t (uji hipotesis) menunjukkan bahwa variabel kepatuhan wajib pajak hotel berpengaruh positif secara parsial terhadap penerimaan pajak daerah, kepatuhan wajib pajak restoran berpengaruh positif secara parsial terhadap penerimaan pajak daerah.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak Hotel dan Restoran Terhadap Peneriman Pajak Daerah
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 02 Feb 2022 06:04
Last Modified: 02 Feb 2022 06:04
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14524

Actions (login required)

View Item View Item