Analisis Sistem Pelayanan Pajak Modern Dan Pengaruhnya Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak (Kpp) Pratama Kisaran, Sumatera Utara)

Sinaga, Chyntia Aprilyanti (2020) Analisis Sistem Pelayanan Pajak Modern Dan Pengaruhnya Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak (Kpp) Pratama Kisaran, Sumatera Utara). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah publikasi Chyntia 17062200.docx

Download (35kB)

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem administrasi perpajakan modern terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di kota manado serta seberapa besar pengaruh tersebut. Penelitian tersebut dilakukan pada 100 wajib pajak orang pribadi yang berdomisili di daerah kecamatan Malalayang dengan memberikan sejumlah pertanyaan dalam bentuk kuesioner yang diukur dengan skala likert. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif berupa analisis regresi linear sederhana termasuk didalamnya untuk mengetahui koefisien korelasi dan koefisien determinasi untuk menguji hipotesis uji t. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan bantuan software sttistik SPSS version 17. Hasil analisis regresi yang diperoleh adalah Y = 13,428 + 0,367 X + e. Persamaan diatas memperlihatkan nilai dari koefisien X sebesar positif (0,367). Ini berarti variabel penerapan sistem administrasi perpajakan modern berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Apabila penerapan sistem administrasi perpajakan modern mengalami peningkatan maka kepatuhan wajib pajak orang pribadi juga akan meningkat dan sebaliknya. Dari hasil uji t diketahui thitung untuk variabel pengetahuan wajib pajak = 3,387 dan ttabel = 1,660. Jadi dapat dilihat bahwa thitung > ttabel maka H0 ditolak Ha diterima, juga dapat dilihat dari hasil signifikan < 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima, artinya variabel sistem admininstrasi perpajakan modern berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 02 Feb 2022 06:05
Last Modified: 02 Feb 2022 06:05
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14526

Actions (login required)

View Item View Item