LAPORAN AKHIR PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT DANA MANDIRI MANAJEMEN PAKAN TERNAK DOMBA DI KELOMPOK TERNAK BERKAH MAKMUR DESA BANYUSIDI

Astuti, Niken and Dewi, Sri Hartati Candra (2021) LAPORAN AKHIR PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT DANA MANDIRI MANAJEMEN PAKAN TERNAK DOMBA DI KELOMPOK TERNAK BERKAH MAKMUR DESA BANYUSIDI. Project Report. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text (Laporan Pengabdian)
Laporan AKHIR FIX_PPM_Niken_CANDRA 2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kelompok ternak sebagai obyek kegiatan pengabdian masyarakat adalah Kelompok “Berkah Makmur” dusun Dayogo desa Banyusidi. Desa Banyusidi merupakan 1 desa dari 3 desa yang memiliki jumlah Rumah Tangga Miskin (RTM) terbanyak di Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Kelompok ternak domba Berkah Makmur memiliki permasalahan mengenai produktivitas ternak yang masih rendah dikarenakan sebagian besar peternak domba anggota kelompok ini belum memahami tentang manajemen pakan dan kurangnya pengetahuan tentang teknologi pakan utamanya teknologi hijauan pakan ternak sehingga pakan kualitasnya masih rendah dan terjadi kekurangan pakan saat musim kemarau. Permasalahan tersebut telah disepakati dengan kelompok mitra yang akan diatasi dengan peningkatan pengetahuan tentang manajemen pakan untuk ternak domba melalui penyuluhan dan pelatihan serta penerapan teknologi hijauan pakan ternak. Metoda pelaksanaan PPM melalui kegiatan pelatihan-pelatihan dan praktek secara langsung, diawali dengan kegiatan penyadaran pada peternak mengenai pentingnyamanajemen paan dalam budidaya ternak domba dan teknologi hijauan pakan menggunakan bahan-bahan pakan lokal, kemudian pelatihan penerapan teknologi hijauan pakan dengan proses pengeringan maupun fermentasi terkontrol (silase). Evaluasi hasil kegiatan akan dilakukan terhadap terapan teknologi diakhir program dengan melihat capian kegiatan bersama-sama dengan mitra kelompok ternak. Tim PPM ini juga akan melakukan pendampingan pelaksanaan terapan teknologi ini secara aktif di lapangan secara berkelanjutan, karena kelompok ini akan diikat menggunakan MoU kemitraan sebagai kelompok usaha mitra dengan prodi Peternakan UMBY maupun dengan P3MK UMBY. Selain itu tim juga berkoordinasi dengan dinas Peternakan dan Kelautan Kabupaten Magelang untuk menjamin keberlanjutan kegiatan ini, sehingga kelompok juga akan mendapatkan pendampingan secara terus menerus ketika program ini selesai. Luaran dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman tentang manajemen pakan dalam budidaya ternak domba dan pemahaman teknologi pengawetan pakan hijauan serta tersedianya produk pakan yang kuantitas dan kualitasnya terjaga sepanjang tahun, sehingga pemberiannya menjadi rutin sesuai kebutuhan ternak. Luaran hasil penerapan TTG ini akan dipublikasikan melalui media masa nasional secara online.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Peternakan
Depositing User: Peternakan UMBY
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:21
Last Modified: 07 Feb 2022 01:21
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14571

Actions (login required)

View Item View Item