Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris Pada Perusahaan Perdagangan Subsector Perdagangan Eceran Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)

Permatasari, Anggi Triya (2022) Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris Pada Perusahaan Perdagangan Subsector Perdagangan Eceran Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI ANGGI TRIYA P.docx

Download (104kB)

Abstract

Kebijakan dividen adalah keputusan apakah laba yang dipeoleh perusahaan akan dibagikan kepada pemegang saham sebagai dividen atau akan ditahan dalam bentuk laba ditahan gua pembiayaan investasi dimasa yang akan datang. Kebijakan dividen dalam penelitian ini menggunakan DPR (Dividend Payout Ratio) yang menunjukkan besaran dividen yang akan dibagikan terhadap total laba bersih perusahaan sekaligus guna sebuah parameter untuk mengukur besaran dividen yang akan dibagikan ke pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan, kebijakan hutang dan profitabilitas terhadap kebijakan dividen pada perusahaan perdagangan, jasa dan investasi sektor perdagangan subsector perdagangan eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Populasi penelitian ini adalah perusahaan perdagangan, jasa dan investasi sektor perdagangan subsector perdagangan besar dan eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020 sebanyak 6 perusahaan. Sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Data diperoleh dari Indonesian Stock Exchange (IDX). Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan metode analisis yaitu analisis regresi data panel. Hipotesis diuji dengan t-test dengan tingkat signifikan sebesar 5%, serta koefisiendeterminasi. Selain itu, sebelumnya telah dilakukan uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas). Berdasarkan hasil uji hipotesis parsial (uji t), diketahui bahwa secara parsial variabel pertumbuhan penjualan, dan variabel kebijakan hutang memiliki pengaruh negatif terhadap kebijakan dividen. Variabel profitabilitas secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap kebijakan dividen pada perusahaan perdagangan subsector perdagangan eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpusatakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: kebijakan dividen, pertumbuhan penjualan, kebijakan hutang dan profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 07 Feb 2022 05:56
Last Modified: 07 Feb 2022 05:56
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14605

Actions (login required)

View Item View Item