Pelecehan Seksual Terhadap Perempuan Di Media Sosial (Studi Kasus Tentang Korban Pelecehan Seksual Di Whatsapp Di Kabupaten Bekasi)

Ningsih, Tri Rahayu (2022) Pelecehan Seksual Terhadap Perempuan Di Media Sosial (Studi Kasus Tentang Korban Pelecehan Seksual Di Whatsapp Di Kabupaten Bekasi). Pelecehan Seksual Terhadap Perempuan Di Media Sosial (Studi Kasus Tentang Korban Pelecehan Seksual Di Whatsapp Di Kabupaten Bekasi). pp. 1-17.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (112kB)

Abstract

Pesat nya perkembangan teknologi informasi dengan kehadiran internet yang saat ini semakin luas dan tanpa adanya batasan-batasan tertentu maka akan memberikan dampak positif maupun dampak negatif, dimana salah satu dampak negatif yang dapat dilakukan yaitu seperti penyalahgunaan teknologi yang dapat menimbulkan bentuk-bentuk kejahatan yang dapat merugikan dan meresahkan masyarakat, contohnya seperti munculnya pelecehan seksual terhadap perempuan yang semakin luas. Dimana pelecehan seksual tersebut tidak hanya meliputi dunia nyata saja namun juga terdapat di dalam media sosial. Merebaknya perempuan yang depresi hingga memutuskan untuk bunuh diri yang kita jumpai saat ini salah satu penyebabnya yaitu mengalami pelecehan seksual di media sosial dengan alasan mendapati komentar yang buruk di platform media sosial, namun kebanyakan korban dari pelecehan seksual tersebut tidak banyak yang melaporkannya. Tindakan yang tidak diinginkan tersebut ternyata tidak hanya terjadi di ranah privat saja, melainkan sudah mengarah pada ranah ruang publik. Pelecehan seksual di media sosial juga merupakan salah satu sikap penyerangan terhadap fisik dan integritas mental yang dapat mempengaruhi psikologis seseorang. Oleh karena itu dengan seiring nya teknologi berkembang pesat maka banyak pihak-pihak yang menyalahgunakan fungsi dari media sosial salah satunya WhatsApp. Permasalahan di WhatsApp saat ini yaitu pelecehan seksual di WhatsApp, dimana terdapat dua pihak yang berkomunikasi secara daring dan dua pihak tersebut merupakan pelaku dan korban. Pelaku mencoba menghubungi korban dengan mengirimkan pesan yang menjurus pada pelecehan seksual di WhatsApp. Fokus dalam penelitian ini adalah Pelecehan Seksual Terhadap Perempuan di Media Sosial WhatsApp. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penyebab atas dasar terjadinya pelecehan seksual serta mengurangi angka pelecehan seksual. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus yang di kaji secara kualitatif dengan mengumpulkan hasil wawancara dari beberapa narasumber. Untuk Teknik pengumpulan data nya melalui observasi, dan wawancara

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Pelecehan Seksual, Perempuan, Media Sosial, WhatsApp
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 17 Feb 2022 06:50
Last Modified: 17 Feb 2022 06:50
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14775

Actions (login required)

View Item View Item