Optimalisasi Program Community Relations Di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Dan Kb, Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (Dp3akbpmd) Kabupaten Gunungkidul Dalam Meminimalisir Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak

Syarifa, Ika Dina (2021) Optimalisasi Program Community Relations Di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Dan Kb, Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (Dp3akbpmd) Kabupaten Gunungkidul Dalam Meminimalisir Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak. Optimalisasi Program Community Relations Di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Dan Kb, Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (Dp3akbpmd) Kabupaten Gunungkidul Dalam Meminimalisir Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak. pp. 1-17.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI - IK ADINA.docx

Download (1MB)

Abstract

Kekerasan terhadap perempuan dan anak menjadi fenomena yang sering dijumpai di tengah masyarakat kita. Gunungkidul adalah kabupaten yang aktif melaksanakan program perlindungan dan pemberdayaan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan. Namun, angka kekerasan masih tinggi dengan berbagai faktor dan dampaknya. .Berdasarkan hasil penelitian jumlah kekerasan pada tahun 2021 ada 92 kasus tercatat hingga November, mengalami lonjakan yang cukup tinggi daripada dua tahun sebelumnya dengan jumlah 28 kasus pada tahun 2019 dan 2020. Kekerasan ini didominasi oleh kekerasan fisik, seksual dan juga Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Jumlah korban yang melapor kemungkinan besar jauh lebih rendah dibanding dengan kasus sebenarnya. Sebagai organisasi yang memiliki tugas langsung dalam isu ini, DP3AKBPMD Kabupaten Gunungkidul mengimplementasikan tahapan community relations, yang dalam proses kegiatan dan pembuatan programnya melibatkan komunitas dan organisasi dengan concern yang selaras sebagai upaya perlindungan dan pencegahan tindak kekerasan. Untuk melihat optimalisasi DP3AKBPMD dalam pencehagan tindak kekerasan akan dianalisis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sumber data berasal dari wawancara mendalam (depth interview), observasi dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dilakukan dengan bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan langkah reduksi data atau memilah data yang berhubungan dengan subjek dan objek penelitian, penyajian data yang bersifat naratif, dan penarikan kesimpulan yang sesuai dengan judul penelitian dan data di lapangan.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Community Relations, Kekerasn Perempuan dan Anak, Komunitas
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 18 Feb 2022 05:51
Last Modified: 18 Feb 2022 05:51
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14790

Actions (login required)

View Item View Item