Komunikasi Mitigasi Bencana Berbabis Media Sosial Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Peran Akun Twitter @Merapi_Uncover Dalam Memberikan Informasi Aktifitas Gunung Merapi

Purnama, Titus Prastawa Jati (2022) Komunikasi Mitigasi Bencana Berbabis Media Sosial Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Peran Akun Twitter @Merapi_Uncover Dalam Memberikan Informasi Aktifitas Gunung Merapi. Komunikasi Mitigasi Bencana Berbabis Media Sosial Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Peran Akun Twitter @Merapi_Uncover Dalam Memberikan Informasi Aktifitas Gunung Merapi. pp. 1-12.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (120kB)

Abstract

Pentingnya media sosial di era ini menjadikannya sebagai salah satu tempat untuk memberikan edukasi atau informasi dari pemerintah pusat atau pihak swasta terkait aktifitas gunung Merapi. Dalam rangka mengantisipasi kebencanaan, media sosial diharapkan mampu untuk memberikan edukasi serta informasi yang valid dan selalu diperbaharui setiap saatnya, sehingga mampu untuk mengurangi resiko yang disebabkan oleh bencana tersebut. Komunikasi mitigasi secara jelas memberikan gambaran bahwa dalam bencana tidak hanya saat terjadi saja tapi ada pra bencana dan paska bencana. Kita juga harus tahu bagaimana dan apa yang harus dilakukan sebelum terjadi bencana dan juga kita juga harus tahu apa yang dilakukan setelah bencana terjadi. @Merapi_Uncover hadir sebagai salah satu media sosial yang diharpkan mampu memenuhi kebutuhan informasi bagi seluruh masyarakat berbagai lapisan. Selain hal itu media sosial tersebut juga merupkan alat penyambung informasi dari masyarakat dan pemerintah atau bahkan sebaliknya, @Merapi_Uncover memang memiliki tujuan untuk membantu seluruh masyarakat baik dari segi informasi atau pun gerakan-gerakan yang lainnya.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Peran, Komunikasi Mitigasi, Media Sosial Twitter
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 18 Feb 2022 08:35
Last Modified: 18 Feb 2022 08:35
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14798

Actions (login required)

View Item View Item