Studi Kulaitatif: Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Murid Dalam Pembelajaran Digital Di Masa Pandemi Di Smp N 3 Godean Yogyakarta Tahun 2021

Wityatmoko, Ruly (2021) Studi Kulaitatif: Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Murid Dalam Pembelajaran Digital Di Masa Pandemi Di Smp N 3 Godean Yogyakarta Tahun 2021. Studi Kulaitatif: Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Murid Dalam Pembelajaran Digital Di Masa Pandemi Di Smp N 3 Godean Yogyakarta Tahun 2021. pp. 1-16.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI RULY WITYATMOKO_17071271_ILMU KOMUNIKASI.docx

Download (151kB)

Abstract

Dari data statistik Kemdikbud pada April 2020, di indonesia yang terdampak covid-19 mencapai 646 ribu satuan pendidikan, meliputi 68 juta siswa, serta 4,2 juta guru. Dampak pandemi ini pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. SMPN 3 GODEAN merupakan salah satu sekolah negeri favorit di Godean yang melaksanakan Pembelajaran Digital jarak jauh. Dengan keadaan tersebut SMPN 3 Godean diharapkan mampu menjalankan komunikasi interperonal yang baik antara guru dan murid serta mengetahui faktor penghambat sekaligus dapat menentukan media pembelajaran yang efektif digunakan serta menjadi contoh untuk sekolah lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif induktif, meliputi data primer dan sekunder, melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Komunikasi interpersonal antara guru dan murid dalam pembelajaran digital dimasa pandemi di SMPN 3 Godean berjalan baik. Namun sikap keterbukaan siswa kepada guru belum sepenuhnya terjalin. Terbukti ketika siswa yang mempunyai kendala tidak terbuka terhadap hambatan yang di alami. Hambatan tersebut meliputi Alat komunikasi, terbatasnya quota, dan jaringan yang tidak stabil. Media pembelajaran menggunakan Whatsapps, Google Meet, Google Classroom. Konsep pembelajaran digital menggunakan materi PPT dan video pembelajaran. Berdasarkan dari hasil temuan, menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang terjalin antara guru dan murid dalam pembelajaran digital di SMPN 3 Godean sangatlah membutuhkan 5 sikap positif yang mendukung.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Guru dan Murid, Pembelajaran Digital, Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 19 Feb 2022 02:06
Last Modified: 19 Feb 2022 02:06
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14808

Actions (login required)

View Item View Item