Self Disclosure Korban Pelecehan Seksual di Media Sosial Twitter (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Self Disclosure Kurban Pelecehan Seksual @Akupilaaa & @Marshedmathers di Media Sosial Twitter)

Ragamadenda, Gita Nastiti (2022) Self Disclosure Korban Pelecehan Seksual di Media Sosial Twitter (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Self Disclosure Kurban Pelecehan Seksual @Akupilaaa & @Marshedmathers di Media Sosial Twitter). Self Disclosure Korban Pelecehan Seksual di Media Sosial Twitter (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Self Disclosure Kurban Pelecehan Seksual @Akupilaaa & @Marshedmathers di Media Sosial Twitter). pp. 1-19.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI GITANR-dikonversi.docx

Download (244kB)

Abstract

Self Disclosure atau pengungkapan diri sederhananya merupakan penyampaian informasi antar individu yang berkaitan dengan hal-hal pribadi, intim, atau yang biasa dirahasiakan. Proses ini dilakukan setidaknya dua orang atau hanya dengan orang terdekat saja. Namun seiring berkembangnya teknologi yang semakin pesat, self disclosure tak hanya dilakukan secara langsung melainkan dilakukan di media sosial. Salah satu contohnya seperti pada akun Twitter @akupilaaa dan @marshedmathers yang bercerita mengenai pengalamannya sebagai korban pelecehan seksual, padahal pelecehan seksual masih dianggap aib dan tabu oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana self disclosure korban pelecehan seksual di Twitter. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskripitf kualitatif dengan teori self disclosure yang dikemukakan oleh Devito. Hasil penelitian yang diperoleh yakni korban pelecehan seksual memilih Twitter karena pengguna Twitter lebih supportif dibandingkan dengan keluarganya sendiri, selain itu penegak hukum juga tidak responsif dalam menangani kasus pelecehan seksual sehingga korban memilih Twitter karena penyebaran informasinya lebih cepat sehingga korban lebih banyak yang membantu dan menyemangati. Alasan lainnya yaitu korban ingin pelaku mendapatkan sanksi sosial dari masyarakat dan ingin mengedukasi korban pelecehan lainnya.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Self Disclosure, Pengungkapan Diri, Pelecehan Seksual, Twitter
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 02 Mar 2022 05:05
Last Modified: 02 Mar 2022 05:05
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14888

Actions (login required)

View Item View Item