Strategi Lobi & Negosiasi PT Penerbit-Percetakan Pohon Cahaya Dalam Menjalin Relasi Dengan Stakeholder

Hariyanto, Christopher Aldo Ricky Putra (2021) Strategi Lobi & Negosiasi PT Penerbit-Percetakan Pohon Cahaya Dalam Menjalin Relasi Dengan Stakeholder. Strategi Lobi & Negosiasi PT Penerbit-Percetakan Pohon Cahaya Dalam Menjalin Relasi Dengan Stakeholder. pp. 1-17.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (32kB)

Abstract

Strategi lobi dan negosiasi adalah salah satu strategi yang bisa digunakan dalam menjalin hubungan relasi dengan stakeholder. Tidak hanya dalam menjalin relasi saja, akan tetapi strategi ini juga bisa digunakan dalam banyak situasi dan kondisi contohnya ketika perusahaan mengalami krisis dan masih banyak contoh lainnya. Strategi ini tidak hanya bisa dipakai oleh organisasi profit saja, organisasi non profit juga bisa menggunakan strategi ini dalam situasi yang mendukung. PT Pohon Cahaya melakukan strategi ini untuk menjalin relasi dengan stakeholder secara berkepanjangan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana proses PT Pohon Cahaya menggunakan strategi lobi dan negosiasi agar bisa menjalin relasi dengan stakeholder secara berkepanjangan. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumen media. Penelitian ini dikaji dengan teori lobi dan negosiasi dari Grunig & Hunt dan Ivancevich untuk menganilisis proses terjadinya strategi lobi dan negosiasi khususnya yang dilakukan oleh PT Pohon Cahaya. Hasil penelitian yang diperoleh yakni terdapat win-win strategi yang senantiasa selalu dipakai PT Pohon Cahaya dalam melakukan strategi lobi dan negosiasi untuk menjalin relasi dengan stakeholder, sehingga relasi yang dijalin bisa berkepanjangan dan PT Pohon Cahaya senantiasa menjadi perusahaan yang fleksibel dalam menjalin relasi serta selalu mengikuti perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat. Strategi lobi dan negosiasi tersebut membuat PT Pohon Cahaya tetap bisa eksis dalam dunia bisnis yang ada Indonesia dari 2009 hingga sekarang.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Strategi Lobi dan Negosiasi, Stakeholder Relations, PT Penerbit-Percetakan Pohon Cahaya Yogyakarta
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 04 Mar 2022 09:18
Last Modified: 04 Mar 2022 09:18
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14964

Actions (login required)

View Item
View Item