Efektivitas Dan Efisiensi Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Pedesaan Dan Perkotaan Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Kupang

Wahyuni, Indhar (2021) Efektivitas Dan Efisiensi Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Pedesaan Dan Perkotaan Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Kupang. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI INDHAR WAHYUNI.docx

Download (28kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui tingkat Efektivitas Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) pada Badan Pendapatan Daerah Kota Kupang dari tahun 2018-2020 2) mengetahui tingkat Efisiensi Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) pada Badan Pendapatan Daerah Kota Kupang dari tahun 2018-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi kuantitatif, sumber data yang diperoleh yaitu data sekunder, metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif melalui Rasio Efektivitas dan Rasio Efisiensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tingkat efektivitas Pemungutan PBB-P2 tahun 2018-2020 yang kefektifannya sangat tinggi adalah pada tahun 2018 dengan tingkat efektivitas 105,90% sedangkan kefektifan paling rendah adalah pada tahun 2020 dengan tingkat efektivitas 86,62 % pada kategori cukup efektif. 2) Tingkat efisiensi pemungutan PBB-P2 tahun 2018-2020 tergolong sangat efisien. Saran yang perlu disampaikan dalam penulisan ini yaitu diharapkan agar pemerintah daerah mengadakan sosialisasi secara berkelanjutan dengan wajib pajak sehingga wajib pajak dapat memahami tatacara membayar pajak dan pentingnya membayar pajak untuk membangun daerah secara keseluruhan.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Efisiensi, Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 07 Mar 2022 01:28
Last Modified: 07 Mar 2022 01:28
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14977

Actions (login required)

View Item View Item