PERAN FACT CHECKING JOURNALISM PADA MEDIA ONLINE (STUDI KASUS PERAN CEK FAKTA SUARA.COM DALAM MENANGKAL BERITA HOAX DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA TAHUN 2021)

Nuswantoro, Bayu (2021) PERAN FACT CHECKING JOURNALISM PADA MEDIA ONLINE (STUDI KASUS PERAN CEK FAKTA SUARA.COM DALAM MENANGKAL BERITA HOAX DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA TAHUN 2021). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (783kB)
[img] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB) | Request a copy
[img] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (228kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
Peran Fact Checking Journalism Pada Media Online - Bayu Nuswantoro 17071084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media online kini menjadikan khalayak dapat dengan mudah dan cepat dalam mengakses informasi. Kemudahan ini menjadikan khalayak terhipnotis untuk bergantung pada media online. Kemudahan tersebut menjadikan cepatnya perputaran arus informasi dan mengakibatkan lemahnya penyaringan informasi. Hal ini mengakibatkan banyak sekali informasi-informasi yang belum jelas kebenarannya pada media online. Telebih oknum-oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkan ini untuk menyebarluaskan informasi palsu atau hoax. Maraknya hoax terlebih di masa Pandemi Covid-19 ini menjadikan keresahan tersendiri bagi khalayak. Fact checking journalism atau cek fakta hadir sebagai tanggung jawab media sebagai aktivitas jurnalisme untuk melakukan verifikasi dan klarifikasi berita yang beredar di media online yang belum jelas kebenarannya. Seperti yang dilakukan media Suara.com. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data serta verifikasi data. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran cek fakra media online Suara.com dalam menangkal hoax di masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif kualitatif dengan 4 narasumber sebagai metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukan bagaimana peran cek fakta media online dalam menangkal hoax di masa Pandemi Covid-19. Hal ini dapat dilihat dari peran cek fakta yang dilakukan Suara.com dalam menangkal hoax melalui rutin melakukan cek fakta sebagai bentuk tanggung jawab media dalam melakukan verifikasi dan sebagai garda terdepan dalam menangkal hoax. Melalui peran cek fakta Suara.com melakukan kerjasama dengan beberapa media lainnya dan organisasi asosiasi seperti Mafindo. Melakukan repbulikasi dan memposting melalui media sosial yang dimiliki Suara.com untuk menjangkau khalayak lebih luas lagi. Serta cek fakta Suara.com berpedoman terhadap unsur jurnalistik seperti menekankan 5W+1H dan menggunakan narasumber yang kredibel dan kompeten. Langkah cek fakta yang digunakan Suara.com juga sesuai standar cek fakta yaitu menemukan klaim, menemukan fakta, dan mengoreksi catatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Fact Checking Journalism, Cek Fakta, Suara.com, Media Online, Hoax.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:08
Last Modified: 07 Mar 2022 07:08
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15023

Actions (login required)

View Item View Item