Analisis Kinerja Keuangan Daerah Kabupaten/Kota Balangan Provinsi Kalimantan Selatan Tahun Anggaran 2016-2021

Fahmawati, Fahmawati (2022) Analisis Kinerja Keuangan Daerah Kabupaten/Kota Balangan Provinsi Kalimantan Selatan Tahun Anggaran 2016-2021. Analisis Kinerja Keuangan Daerah Kabupaten/Kota Balangan Provinsi Kalimantan Selatan Tahun Anggaran 2016-2021. pp. 1-29.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Fahmawati_pdf.docx

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan daerah pemerintah Kota/Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2016- 2021. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pengumpulan data menggunakan sumber-sumber dari media, penelitian tedahulu dan data yang digunakan adalah data sekunder berupa Analisis Kinerja Keuangan Daerah Kota/Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan tahun 2016-2021. Selanjutnya data ini dianalisis dengan menggunakan rasio keuangan yaitu rasio derajat disentralisasi, rasio kemandirian, rasio efektivitas, rasio efisiensi, rasio keserasian belanja dan rasio pertumbuhan.
Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan rata-rata derajat desentralisasi, kinerja keuangan daerah Kabupaten Balangan masih sangat kurang. Tingkat kemandirian daerah dari kinerja keuangan dalam mengelola keuangan daerahnya rendah sekali. Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan belum dapat dikatakan sebagai daerah yang mandiri dalam mengelola keuangan daerahnya, Efektivitas dalam mengelola PAD Kabupaten Balangan yang telah mencapai kriteria yang dapat dikatakan cukup efektif. Efisiensi dalam mengelola PAD Kabupaten Balangan dapat dikatakan kurang efisien karena dari hasil penghitungan efisiensi PAD Kabupaten Balangan belum mampu mencapai kriteria yang efisien dalam mendapatkan pendapatan daerah. Kinerja Keuangan Daerah Kabupaten Balangan jika dilihat dari Rasio Keserasian masih banyak mengalokasikan Belanja

Modal daripada Belanja Operasinya, Dan untuk rasio petumbuhan pemerintah daerah Balangan dalam lima tahun selama periode 2016 – 2021 mengalami pertumbuhan positif meskipun berfluktuatif. Dengan semakin meningkatnya pertumbuhan PAD dari tahun ke tahun menandakan semakin tumbuhnya perekonomian di daerah tersebut sehingga semakin banyak juga pemasukan yang di dapat oleh Pemerintah Daerah kabupaten Balangan.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Rasio Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 21 Mar 2022 05:39
Last Modified: 21 Mar 2022 05:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15078

Actions (login required)

View Item
View Item