Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Di Indonesia (Studi kasus pada perusahaan Manufaktur Sektor Barang dan Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)

Oktafiani, Devi (2021) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Di Indonesia (Studi kasus pada perusahaan Manufaktur Sektor Barang dan Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Di Indonesia (Studi kasus pada perusahaan Manufaktur Sektor Barang dan Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018. pp. 1-25.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI DEVI OKTAFIANI_18061091.docx

Download (45kB)

Abstract

Setiap perusahaan dituntut untuk Dapat melakukan pengelolaan fungsi-fungsi manajemennya dengan baik dan dapat mengambil keputusan yang tepat dalam pengelolaaan manajemen keuangan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuh mengetahui pengaruh leverage, Profitabilitas dan Ukuran perusahaan terhadap Pemberian Opini Audit Going Concern. Penelitian ini dilakukan perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2020. Jumlah populasi yang diambil sebanyak 10 perusahaan dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui data sekunder. Teknik analisis yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode regresi logistik dengan menggunakan variabel bebas leverage yang diproksikan dengan Debt Ratio, profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA), Ukuran perusahaan diproksikan dengan (Ln Size), dan Opini Audit Going Concern.
Berdasarkan hasil analisis diemukan bahwa variabel leverage berpengaruh positif terhadap pemberian opini audit going concern. Profitabilitas berpengaruh terhadap pemberian opini audit going concern. Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pemberian opini audit going concern.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Opini Audit Going Concern
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 04 Apr 2022 08:11
Last Modified: 04 Apr 2022 08:11
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15162

Actions (login required)

View Item
View Item