Analisis Wacana Rasisme Menurut Grosse Pada Karakter Freddie Mercury Dalam Film Dokumenter “Bohemian Rhapsody” Tahun 2022

Parebba, Moh Annafi MS Dg (2022) Analisis Wacana Rasisme Menurut Grosse Pada Karakter Freddie Mercury Dalam Film Dokumenter “Bohemian Rhapsody” Tahun 2022. Analisis Wacana Rasisme Menurut Grosse Pada Karakter Freddie Mercury Dalam Film Dokumenter “Bohemian Rhapsody” Tahun 2022. pp. 1-15.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi - Moh Annafi MS Dg Parebba (18071073).docx

Download (107kB)

Abstract

Perkembangan film saat ini mengalami perubahan yang signifikan, di mana unsur teknologi merupakan bagian yang penting pada suatu proses produksi suatu film. Film Dokumenter merupakan suatu program yang menyajikan cerita yang nyata atau benar-benar terjadi, kemudian dilakukan pada lokasi yang sesungguhnya dan didukung narasi. Dokumenter merupakan karya yang sangat bergantung dengan fakta pada suatu peristiwa yang nyata dan bukan merupakan cerita fiksi belaka. Rasisme atau biasa juga disebut dengan rasialisme merupakan suatu pemahaman yang merasa kalau ras diri sendiri merupakan ras yang paling dominan daripada ras yang lainnya. Pada beberapa potongan adegan yang ada pada film dokumenter biografi “Bohemian Rhapsody” terdapat bentuk wacana rasisme yang didapat oleh salah satu personil band “Queen” yang dikisahkan dalam film tersebut. Hal tersebut terjadi dikarenakan “Freddie Mercury” yang merupakan salah satu personil sekaligus vokalis band “Queen” merupakan keturunan Parsi India yang lahir di Zanzibar dan kemudian pindah ke Inggris bersama orang tuanya.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Wacana, Rasisme, Film “Bohemian Rhapsody”.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 28 Apr 2022 03:08
Last Modified: 28 Apr 2022 03:08
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15435

Actions (login required)

View Item View Item