Pengaruh Marketing Public Relations Shopee (Program Affiliate) Terhadap Brand Awareness Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu Angkatan 2018-2021

Oktarisa, Veren (2022) Pengaruh Marketing Public Relations Shopee (Program Affiliate) Terhadap Brand Awareness Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu Angkatan 2018-2021. Pengaruh Marketing Public Relations Shopee (Program Affiliate) Terhadap Brand Awareness Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu Angkatan 2018-2021. pp. 1-20.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (95kB)

Abstract

Shopee merupakan perusahaan electronic commerce (e-commerce) yang menggunakan teknologi dalam hal meningkatkan bisnis serta pembelian produk secara online. Perusahaan shopee juga memiliki program affiliate yang berfungsi meningkatkan kepercayaan konsumen serta memaksimalkan publikasi dari pihak ketiga. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari marketing public relations shopee program affiliate terhadap brand awareness pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu angkatan 2018-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pembagian kuesioner kepada 85 responden secara online. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif serta analisis regresi linier sederhana dengan korelasi dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil perhitungan tingkat hubungan antara variabel sebesar 0,607 yang dikategorikan erat. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh marketing public relations shopee program affiliate terhadap brand awareness pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu angkatan 2018-2021 sebesar 36,8% sementara 63,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Saran bagi perusahaan shopee Indonesia untuk dapat terus mengembangkan ide kreatif lainnya dengan mempertimbangkan banyaknya pesaing yang selalu mengikuti langkah dari program affiliate.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Marketing Public Relations, Brand Awareness, Shopee, Program Affiliate.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 11 May 2022 05:03
Last Modified: 11 May 2022 05:03
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15478

Actions (login required)

View Item View Item