Perbandingan Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Grup Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Komparatif Kualitatif pada Whatsapp Grup Siswa Kelas VI A SD di SDN 001 Kasikan dan Whatsapp Grup Siswa Kelas VI A SDN 018 Kasikan, Kabupaten Kampar, Riau)

Waruwu, Diana Sartika Sari (2022) Perbandingan Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Grup Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Komparatif Kualitatif pada Whatsapp Grup Siswa Kelas VI A SD di SDN 001 Kasikan dan Whatsapp Grup Siswa Kelas VI A SDN 018 Kasikan, Kabupaten Kampar, Riau). Perbandingan Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Grup Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Komparatif Kualitatif pada Whatsapp Grup Siswa Kelas VI A SD di SDN 001 Kasikan dan Whatsapp Grup Siswa Kelas VI A SDN 018 Kas. pp. 1-20.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.doc

Download (605kB)

Abstract

Pembelajaran online di era Covid-19 saat ini dengan menerapkan pembelajaran jarak jauh yang pada awalnya pembelajaran dilakukan dengan tatap muka. Proses pembelajaran yang dilakukan dari rumah dengan menggunakan media internet seperti aplikasi whatsapp. Sistem pelajaran yang dinamakan pembelajaran online ini dilakukan di SDN 001 dan SDN 018 Kasikan khususnya kelas IV, pembelajaran online yang dilakukan tidak hanya menggunakan whatsapp saja melainkan google classroom walaupun hanya dilakukan sekali saja akan tetapi hasil dari pembelajaran online tersebut belum maksimal. Maka dari itu, perlu adanya evaluasi guru dalam pembelajaran online ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pemanfaatan aplikasi whatsapp grup sebagai media pembelajaran online selama masa pandemi covid-19. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan studi deskriptif naratif. Pada penelitian ini pembelajaran yang dilakukan secara online bisa dibilang belum terlalu efektif dilaksanakan karena ada kendala satu sama lain yang dimiliki kedua sekolah. Hasil penelitian menunjukan di antara kedua sekolah SD ini meneliti data bagaimana perkembangan pembelajaran online ketika pandemi apakah berjalan dengan lancar atau terdapat permasalahan yang dihadapi selama melakukan pembelajaran online berlangsung hingga pembelajaran yang dilakukan secara semi.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Whatsapp Grup, Media Pembelajaran, Pembelajaran Online.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 11 May 2022 05:56
Last Modified: 11 May 2022 05:56
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15480

Actions (login required)

View Item View Item