Karakteristik Perusahaan Terhadap Tingkat Pengungkapan Risiko (Studi Pada Perusahaan Publik Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2015-2019)

Pramudya, Januar Arya (2022) Karakteristik Perusahaan Terhadap Tingkat Pengungkapan Risiko (Studi Pada Perusahaan Publik Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2015-2019). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.doc

Download (80kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh karakteristik perusahaan seperti leverage, ukuran perusahaan, dan tingkat profitabilitas serta tata kelola perusahaan berupa komite audit, jumlah dewan komisaris dan frekuensi rapat dewan komisaris kemudian ada atribut audit yaitu kualitas auditor terhadap pengungkapan risiko. Pengungkapan risiko adalah pengungkapan yang dilakukan oleh perusahaan yang mungkin berdampak dan menjadi ancaman pada kinerja perusahaan di masa yang akan datang. Untuk menjelaskan hubungan antar variabel dalam penelitian ini, digunakan teori keagenan dan teori stakeholder. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Total sampel ditentukan dengan metode Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan metode konten analisis untuk menghitung pengungkapan risiko. Hasil penelitian menunjukan bahwa ukuran perusahaan, frekuensi rapat dewan komisaris, leverage, jumlah dewan komisaris berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan risiko, sedangkan komite audit, tingkat kualitas audit, dan tingkat profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan risiko.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: : pengungkapan risiko, karakteristik perusahaan, tata kelola perusahaan dan kualitas auditor.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:43
Last Modified: 21 Jun 2022 03:43
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15686

Actions (login required)

View Item View Item