HIPER-REALITAS PADA KOMUNITAS HURA-HURA TIM VALOR POKEMON GO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Kasus Hiperrealitas pada Komunitas Hura-Hura Tim Valor Pokemon Go Daerah Istimewa Yogyakarta Periode September 2016-Juni 2017)

Changestu, Vani (2017) HIPER-REALITAS PADA KOMUNITAS HURA-HURA TIM VALOR POKEMON GO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Kasus Hiperrealitas pada Komunitas Hura-Hura Tim Valor Pokemon Go Daerah Istimewa Yogyakarta Periode September 2016-Juni 2017). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 ABSTRAK.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB II.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
4 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
SKRIPSI PENUH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kemunculan internet memfasilitasi munculnya sebuah realitas baru selain realitas yang kita jalani yang biasa disebut dengan istilah hiperrealitas. Hiperrealitas terbentuk melalui game-game online yang membuat para pemainnya beraktivitas di dalam realitas yang diciptakan oleh game, salah satunya adalah game Pokemon Go yang mempengaruhi pola interaksi antar pemain game Pokemon Go. Perubahan pola interaksi yang terbangun pada komunitas gamer Pokemon Go tersebut menarik untuk diteliti lebih lanjut, oleh karena itu penulis menyusun sebuah penelitian ilmiah dengan judul Hiperrealitas pada Komunitas Hura-Hura Tim Valor Pokemon Go di Jalan Jendral Sudirman Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mengungkap permasalahan dalam penelitian ini maka penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis study kasus, sedangkan untuk teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan dokumen serta literatur, untuk analisis datanya dengan reduksi data, paparan data dan verifikasi data sebagai langkah untuk menarik sebuah kesimpulan, sedangkan obyek penelitian adalah Komunitas Hura-Hura Tim Valor Pokemon Go di Jalan Jendral Sudirman Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hiperrealitas yang terjadi pada komunitas Hura-Hura Team Valor Pokemon Go Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan manfaat dari penelitian ini yaitu diharapkan dapat memberikan wawasan dan informasi bagi akademisi Ilmu Komunikasi dalam pengembangan kajian terkait teori-teori yang berhubungan dengan hiperrealitas, dan diharapkan bisa memberikan gambaran yang jelas mengenai hiper-realitas yang terbentuk pada komunitas Hura Hura Valor Pokemon Go Daerah Istimewa Yogyakarta dan mampu merubah pola pikir anggota komunitas tentang hiperrealitas, serta diharapkan bisa memberikan sumbangan pemikiran pada Ilmu Komunikasi terutama dalam bidang kajian semiotika yang meneliti tentang hipersemiotika dan hiper-realitas. Data yang didapat selanjutnya digunakan untuk merumuskan rekomendasi sebagai langkah untuk mendeskripsikan hiperrealitas yang terjadi pada komunitas Hura-Hura Valor Pokemon Go Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian yang ditemukan di lapangan menunjukan bahwa industri hiburan audiovisual mengubah realitas-realitas masyarakat dan menggantinya dengan realitas palsu yang terlihat lebih nyata dibandingkan realitas sebelumnya, terbentuknya komunitas semakin memperkuat hiperrealitas yang dibentuk oleh industri hiburan audiovisual game online Pokemon Go, sehingga hiperrealitas dan komunitas saling terhubung. Kata kunci : Hiperrealitas, Pokemon Go, Komunitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: M. Nastain, S.Sos.I.,M.Ikom
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 08 Aug 2017 08:19
Last Modified: 08 Aug 2017 08:19
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item View Item