Persepsi Khalayak Terhadap Media Baru "Podcast" (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Generasi Milenial Daerah Istimewa Yogyakarta Terhadap Podcast SekutFm Pasca Tudingan Kasus Pelecehan Seksual Podcaster Gofar Hilman)

Kristy, Lukas Aries Cahya (2022) Persepsi Khalayak Terhadap Media Baru "Podcast" (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Generasi Milenial Daerah Istimewa Yogyakarta Terhadap Podcast SekutFm Pasca Tudingan Kasus Pelecehan Seksual Podcaster Gofar Hilman). Persepsi Khalayak Terhadap Media Baru "Podcast" (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Generasi Milenial Daerah Istimewa Yogyakarta Terhadap Podcast SekutFm Pasca Tudingan Kasus Pelecehan Seksual Podcaster Gofar Hilman). pp. 1-18.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (109kB)

Abstract

Penyebaran informasi secara signifikan mengalami perubahan seiring terjadinya revolusi digital mengarah pada kemunculan media baru (new media) yang mampu menembus batasan-batasan media konvensional. New media tentu memiliki dampak positif maupun negatif, termasuk melalui Podcast sebagai salah satu bentuk new media yang banyak digunakan oleh anak muda Indonesia. Seperti podcast SekutFM yang dimiliki oleh Gofar Hilman, seorang influencer di Jakarta yang pernah terseret kasus dugaan pelecehan seksual. Penelitian ini sendiri bertujuan ingin mengetahui lebih dalam bagaimana persepsi generasi milenial Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap podcast SekutFM sebelum dan setelah tudingan kasus pelecehan seksual podcaster Gofar Hilman. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengambilan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan juga studi pustaka. Hasil dari penelitian ini sendiri menuju pada bahwa persepsi generasi milenial Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap podcast SekutFM pasca tudingan kasus podcaster Gofar Hilman adalah tidak terlalu menanggapi dengan perasaan terkait tudingan kasus tersebut. Konten podcast SekutFM juga mengalami perubahan pasca tudingan kasus tersebut dan mempengaruhi narasumber untuk tidak menonton konten podcast SekutFM secara keseluruhan dikarenakan perbedaan ketertarikan topik yang dibawakan dengan sebelumnya.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: New Media, Podcast, Persepsi.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:57
Last Modified: 22 Sep 2022 01:57
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16411

Actions (login required)

View Item
View Item