Proses Pembelajaran E-learning Selama Masa Pandemi Covid-19 Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Agung, Karolus (2022) Proses Pembelajaran E-learning Selama Masa Pandemi Covid-19 Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Proses Pembelajaran E-learning Selama Masa Pandemi Covid-19 Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta. pp. 1-12.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (46kB)

Abstract

Dampak penyebaran virus Covid-19 telah mengubah dan melumpuhkan hampir semua aspek kehidupan masyarakat dunia seperti ekonomi, pariwisata, termasuk salah satunya dunia pendidikan. Di Indonesia kegiatan sistem pembelajaran dilakukan secara online dengan memanfaatkan media e-learning sebagai media pembelajaran. Hal ini dilakukan menysusul dengan adanya surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020, yang berisi tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan selama masa darurat penyebaran Covid-19. Dalam penelitian ini fokus dan tujuan utamanya adalah berkaitan dengan proses pembelajaran e-learning selama masa pandemic covid-19 di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Penerapan e-learning akibat pandemic covid-19 di institusi pendidikan, membawa dampak yang signifikan. Mulai dari dampak pada pola belajar-mengajar, sistem komunikasi dan informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif bersifat deskriptif. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan berdasarkan pengamatan langsung pada lapangan, wawancara, observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa e-learning sebagai media pembelajaran komunikasi modrn memberi pengaruh dan dampak positif dalam proses komunikasi dan sistem pembelajaran khususnya selama masa pandemic covid-19.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19, Media E-Learning Sebagai Media Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:55
Last Modified: 22 Sep 2022 01:55
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16427

Actions (login required)

View Item
View Item