ANALISIS PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAMEL (Studi kasus BMT Surya Asa Artha Pada Tahun 2015-2016)

Wahyuni, Putri (2017) ANALISIS PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAMEL (Studi kasus BMT Surya Asa Artha Pada Tahun 2015-2016). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Analisis Penilaian Tingkat Kesehatan Pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Dengan Menggunakan Metode CAMEL (Studi kasus BMT Surya Asa Artha Pada Tahun 2015-2016). Tujuannya dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penilaian kesehatan pada tahun 2015- 2016 di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BMT Surya Asa Artha dengan menggunakan metode CAMEL. Data yang digunakan adalah data kuantitatif, yaitu data yang diukur dalam suatu skala numerik (angka). Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis kuantitatif dilaksanakan dengan mencari rasio yang didapat oleh masing-masing faktor, kemudian dilakukan penelitian sesuai dengan bobot komponen sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan Bank Indonesia. Analisis rasionya terdiri dari analisis Permodalan yang dihitung menggunakan rasio CAR, Aset yang dihitung menggunakan rasio KAP dan PPAP, Manajemen yang dihitung menggunakan rasio NPM, Rentabilitas yang dihitung menggunakan rasio ROA dan BOPO dan Likuiditas yang dihitung menggunakan rasio Cash ratio dan LDR. Hasil dari penelitian ini pada tahun 2015 nilai kredit dari perhitungan CAMEL mendapatkan nilai 74,86 dan pada tahun 2016 nilai kredit dari perhitungan CAMEL mendapatkan nilai 75. Sehingga dapat disimpulkan CUKUP SEHAT karena diantara range angka 66-<81. Kata Kunci : CAMEL, Analisis Tingkat Kesehatan, Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah, Permodalan, Aset, Manajemen, Rentabilitas, Likuiditas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Mushawir, SE.,MM
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 08 Aug 2017 08:26
Last Modified: 08 Aug 2017 08:26
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item View Item