PELATIHAN ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN MARKETING DI BANK SYARIAH X KOTA YOGYAKARTA

Muslim, Muslim (2017) PELATIHAN ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN MARKETING DI BANK SYARIAH X KOTA YOGYAKARTA. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
cover dan lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
THESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pelayanan melalui pelatihan OCB. Hipotesis penelitian yaitu, terdapat perbedaan kualitas pelayanan pada karyawan marketing antara sebelum dan sesudah diberikan pelatihan OCB pada kelompok eksperimen, dimana tingkat kualitas pelayanan setelah diberi pelatihan OCB lebih tinggi dibanding tingkat kualitas pelayanan karyawan marketing sebelum diberikan pelatihan OCB. Hipotesis kedua yaitu, terdapat perbedaan tingkat kualitas pelayanan posttest antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, dimana posttest kualitas pelayanan pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Subjek penelitian ini adalah 21 orang karyawan marketing BANK Syariah X kota Yogyakarta. Karakteristik subjek penelitian ini adalah karyawan marketing yang memiliki tingkat kualitas pelayanan dan OCB pada kategori sangat rendah, rendah dan sedang. Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group, sedangkan data dikumpulkan menggunakan skala kualitas pelayanan. Kemudian dianalisis menggunakan uji Mann Whitney untuk melihat perbedaan skor antara kelompok eksperimen yang diberi pelatihan OCB dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan pelatihan OCB. Selanjutnya dilakukan uji Wilcoxon untuk melihat skor kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah diberikan pelatihan OCB. Berdasarkan uji Mann Whitney ditemukan Z= -3,881 (p<0,01), artinya ada perbedaan skor posttest antara kelompok eksperimen yang diberi pelatihan dengan kelompok kontrol yang tidak diberi pelatihan. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon ditemukan ada perbedaan antara skor kualitas pelayanan pada kelompok eksperimen antara sebelum dengan sesudah diberikan pelatihan OCB dengan Z= -2,805 (p<0,01). Kata kunci: Pelatihan Organization Citizenship Behavior (OCB), Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: 1. Dr. Kamsih Astuti, M.Si 2. Nur Fachmi Budi S, M.Psi., Psikolog (pembimbing pendamping)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 10 Feb 2018 06:12
Last Modified: 10 Feb 2018 06:12
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/1726

Actions (login required)

View Item View Item