HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN STIKES SUAKA INSAN BANJARMASIN

Tutpai, Gertrudis (2017) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN STIKES SUAKA INSAN BANJARMASIN. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I Tesis.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
coverdanlampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
tesisfull.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan dukungan sosial orangtua dengan kemandirian belajar pada mahasiswa Program Studi Sarjana Stikes Suaka Insan Banjarmasin. Sampel penelitian ini sebanyak 108 mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier berganda.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode skala. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Stikes Suaka Insan Banjarmasin, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,584 dan p sebesar 0,000 (p<0,05); ada hubungan positif antara dukungan sosial orangtua dengan kemandirian belajar pada mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Stikes Suaka Insan Banjarmasin, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,590 dan p sebesar 0,000 (p<0,05), ada hubungan antara motivasi belajar dan dukungan sosial orangtua secara bersama-sama dengan kemandirian belajar pada mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Stikes Suaka Insan Banjarmasin dengan nilai r sebesar 0,65 dan R sguare 0,423 atau 42,3 %, artinya bahwa 42,3 % variabel kemandirian belajar dijelaskan oleh motivasi belajar dan dukungan sosial orangtua, sedangkan sisanya sebesar 57,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini antara lain intelegensi, minat, persepsi, sikap, lingkungan sekolah, kurikulum dan sarana belajar. Kata kunci: Motivasi Belajar, Dukungan Sosial Orangtua, Kemandirian belajar Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Dr. Triana Nor Edwina D.S., M.Si.,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 10 Feb 2018 07:21
Last Modified: 10 Feb 2018 07:21
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/1870

Actions (login required)

View Item View Item