ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRAKTIK PERATAAN LABA (INCOME SMOOTHING) (Studi Kasus pada Perusahaan Keuangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2015)

Nurkamilah, Novi ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRAKTIK PERATAAN LABA (INCOME SMOOTHING) (Studi Kasus pada Perusahaan Keuangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2015). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)

Abstract

Perataan laba merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh manajemen untuk mengurangi fluktuasi laba yang dilaporkan agar sesuai dengan target yang diinginkan. Tindakan perataan laba dapat mendorong timbulnya perilaku yang tidak semestinya karena pihak-pihak yang sangat berkepentingan dengan informasi laporan keuangan suatu perusahaan yang memiliki kecenderungan untuk lebih memperhatikan laba yang terdapat pada laporan laba rugi. Untuk meratakan laba, manajer mengambil tindakan yang meningkatkan laba yang dilaporkan ketika laba tersebut rendah dan mengambil tindakan yang menurunkan laba ketika tersebut relatif tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi perataan laba pada perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Faktor-faktor yang diuji antara lain ukuran perusahaan, financial leverage (DAR) dan Net Profit Margin (NPM). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 52 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011-2015 yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan indeks Eckel untuk menentukan apakah perusahaan melakukan perataan laba atau tidak melakukan perataan laba. Data dianalisis dengan menggunakan model binary logistic regression. Hasil penelitian yang dilakukan dengan uji t (uji parsial) menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan Net Profit Margin tidak berpengaruh terhadap perataan laba, sedangkan financial leverage berpengaruh positif terhadap perataan laba pada perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sedangkan untuk uji F (uji simultan) menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas (ukuran perusahaan, financial leverage dan Net Profit Margin) secara bersamasama tidak berpengaruh signifikan terhadap perataan laba. Kata kunci: Perataan Laba, Ukuran Perusahaan, Financial Leverage, Net Profit Margin

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:32
Last Modified: 15 Aug 2017 04:32
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item