PENGARUH BETA DAN RASIO KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2012-2015

Hamdani, Ika Aprilia (2017) PENGARUH BETA DAN RASIO KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2012-2015. Naskah Publikasi Prodi Manajemen.

[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh beta saham dan rasio keuangan terhadap perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode tahun 2012-2015. Variabel independen yang digunakan adalah Beta saham, Debt equity to ratio (DER), Return on assets (ROA), Net present value (NPM), dan Price earning ratio (PER). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, diperoleh jumlah sampel sebanyak 13 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersamasama dengan level of significance 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan variabel independen berpengaruh signifikan terhadap return saham dengan tingkat signifikan sebesar 0,022. Secara individual DER dan ROA berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap return saham dengan tingkat signifikansi masingmasing sebesar 0,415 dan 0,977. Sedangkan untuk variabel NPM dan PER memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap return saham dengan tingkat signifikansi masing- masing sebesar 0,012 dan 0,029. Variabel beta sahamberpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap return saham dengan tingkat signifikansi sebsar 0,577. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap return saham adalah variabel NPM. Kata Kunci: Beta Saham, Debt to equity ratio (DER), Return on asset (ROA), Net present value (NPM), Price earning ratio (PER)

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Managemen UMBY
Date Deposited: 16 Aug 2017 03:51
Last Modified: 16 Aug 2017 03:51
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item