PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MTS ASSALAFIYYAH MLANGI

Pawestri, Estu PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MTS ASSALAFIYYAH MLANGI. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Matematika.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Estu Pawestri: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII MTs Assalafiyyah Mlangi. Skripsi. Yogyakarta. Strata Satu. Universitas Mercu Buana Yogyakarta. 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa lembar kerja siswa (LKS) dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi kubus dan balok, dan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran LKS berdasarkan pada aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIIB dan VIIIC MTs Assalafiyyah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis) melalui analisis kurikulum, Design (Perancangan), yaitu menyusun perangkat pembelajaran, Development (Pengembangan) yaitu memvalidasi perangkat pembelajaran, Implementation (Implementasi) yaitu melakukan kegiatan ujicoba pada proses pembelajaran dikelas VIIIB dan VIIIC MTs Assalafiyyah, dan Evaluation (Evaluasi) yaitu mengevaluasi perangkat pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa LKS dengan kualitas kevalidan yang memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh dosen ahli media dan ahli materi yang masing-masing dengan persentase 73,75% dan 89,37%, kemudian kualitas kepraktisan yang memenuhi kriteria praktis diperoleh dari penilaian guru dan angket respon siswa dengan masing-masing persentase 80% dan 83,3%. Selanjutnya keefektifan diperoleh dengan melakukan pengukuran tes kemampuan pemecahan masalah sehingga memenuhi kriteria efektif ditunjukkan dari peningkatan persentase ketutasan siswa pada posttest yaitu 100% jika dibandingkan dengan persentase ketuntasan siswa pada preetest yaitu 0,4% dan 0% . Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran LKS dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran (LKS), Kontekstual, Pemecahan Masalah

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 16 Aug 2017 04:49
Last Modified: 16 Aug 2017 04:49
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item