PERBANDINGAN ANALISIS KEBANGKRUTAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi)

Sarasati, Annisa Galih (2017) PERBANDINGAN ANALISIS KEBANGKRUTAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi). Naskah Publikasi Prodi Akuntansi.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sarasati, Annisa Galih. 2017. Perbandingan Analisis Kebangkrutan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar diBursa Efek Indonesia (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi). Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Kata kunci: Kebangkrutan, Altman Z- Score, Zmijewski, Springate. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil prediksi, apakah terdapat perbedaan model Altman Z- Score, Zmijewski, dan Springate, dan model mana yang lebih baik dalam prediksi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Altman Z- Score, Zmijewski, dan Springate dan prediksi kebangkrutan. Sampel yang digunakan adalah8 perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan memiliki laporan keuangan yang lengkap periode 2013-2016. Dalam penelitian menggunakan metode analisis Altman Z- Score, Zmijewski, dan Springate, serta pengujian hipotesis menggunakan uji Kruskal Wallis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model-model analisis kebangkrutan yang digunakan memberikan tingkat prediksi yang berbeda-beda pada tahun 2013 hingga 2016. Hasil analisis uji Kruskal Wallismenunjukkan terdapat perbedaan denganmenggunakan model Altman Z- Score, Zmijewski, dan Springate pada perusahaan sub sektor farmasi. Model-model analisis kebangkrutan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Altman Z- Score, model Zmijewski, dan model Springate. Dari ketiga model tersebut, model Zmijewski merupakan model terbaik dalam memprediksi kebangkrutan dengan memberikan tingkat akurasi paling tinggi dibandingakan dengan model Altman Z- Scoredan Springate.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 16 Aug 2017 09:20
Last Modified: 16 Aug 2017 09:20
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item View Item