PENGARUH PENERAPAN SISTEM E-FILLING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PEGAWAI NEGERI SIPIL DENGAN PEMAHAMAN INTERNET SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Kasus pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta)

Lado, Yuliano Osvaldo (2017) PENGARUH PENERAPAN SISTEM E-FILLING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PEGAWAI NEGERI SIPIL DENGAN PEMAHAMAN INTERNET SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Kasus pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta). Naskah Publikasi Prodi Akuntansi.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Penerapan Sistem EFillingterhadap Kepatuhan WPOP PNS dengan Pemahaman Internet sebagaiVariabel Pemoderasi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY. Data penelitian ini diperoleh darikuesioner (Primer) yang dibagikan kepada WPOP PNS yang bekerja di Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY dengan metode proportionate stratified random sampling.Populasi penelitian ini adalah WPOP PNS di Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY. Sampel yang digunakanpada penelitian ini sebanyak 59 responden. Kuesioner di uji valditas dan ujireliabilitas sebelum penelitian. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah ujimultikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji normalitas. Ujihipotesis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan ModeratedRegression Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan Sistem E-Filling berpengaruh postif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Hal inidibuktikan melalui analisis regresi linier sederhana yang diperoleh nilai R Square sebesar 0,138, yang dapat diartikan bahwa besarnya pengaruh Penerapan Sistem E-Filling terhadap Kepatuhan Wajib Pajak adalah 13,8%. Hasil uji t statistikmenghasilkan nilai signifikansi lebih kecil dari level of significant yaitu 0,004<0,05. (2) Pemahaman Internet tidak memoderasi pengaruh Penerapan SistemEFillingterhadap Kepatuhan WPOP PNS. Hal tersebut dibuktikan melalui Moderated Regression Analysis yang memberikan nilai koefisien sebesar -0,041, yang dapat diartikan Pemahaman Internet tidak memoderasi pengaruh Penerapan Sistem E-Filling terhadap Kepatuhan WPOP PNSkarena hasilnya negatif serta uji tstatistik menghasilkan nilai signifikan lebih besar dari level of significant yaitu 0,051 > 0,05. Kata Kunci: E-Filling, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi PNS, Internet.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 18 Aug 2017 07:36
Last Modified: 18 Aug 2017 07:36
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item View Item