HUBUNGAN ANTARA ADIKSI GAME ONLINE DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN YOGYAKARTA

Kumalasari, Dwi (2018) HUBUNGAN ANTARA ADIKSI GAME ONLINE DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of BAB 12.pdf] Text
BAB 12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[thumbnail of JUDUL DAN PEMBUKAAN.pdf] Text
JUDUL DAN PEMBUKAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[thumbnail of JUDUL LAMPIRAN  .pdf] Text
JUDUL LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adiksi game
online dengan perilaku agresif pada remaja. Hipotesis penelitian ini adalah
terdapat hubungan yang positif antara adiksi game online dengan perilaku agresif
pada remaja. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah remaja
yang berusia 13-17 tahun yang bermain game online selama 4 jam/hari sebanyak
104 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala Agression
Questionnaire dan skala adiksi game online. Penelitian ini menggunakan teknik
analisis korelasi product moment. Hasil analisa product moment diperoleh
=
0,558 dengan nilai p= 0,00 yang berarti antara variabel adiksi game online dengan
perilaku agresif pada remaja memiliki hubungan yang positif dan signifikan (p <
0,050). Semakin tinggi adiksi game online maka cenderung tinggi perilaku
agresifnya, sebaliknya semakin rendah adiksi game online maka cenderung rendah
perilaku agresifnya. Koefisien determinasi (R
xiv

2
) yang diperoleh sebesar 0,312.
Artinya, bahwa adiksi game online memberikan sumbangan sebesar 31,2%
terhadap perilaku agresif. Sementara 68,8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Adiksi Game online, Perilaku Agresif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Metty Verasari, M.Psi.,Psikolog
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 08 Oct 2018 03:47
Last Modified: 18 Aug 2022 06:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3811

Actions (login required)

View Item
View Item