Rini, Rini (2017) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP EKAKAPTI KARANGMOJO. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB I 2003.pdf]
Preview
Text
BAB I 2003.pdf

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of BAB II 2003.pdf] Text
BAB II 2003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of BAB III 2003.pdf] Text
BAB III 2003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of BAB IV 2003.pdf] Text
BAB IV 2003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V 2003.pdf]
Preview
Text
BAB V 2003.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of JUDUL LAMPIRAN.pdf] Text
JUDUL LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[thumbnail of SKRIPSI full.pdf] Text
SKRIPSI full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah dengan menerapkan metode penemuan terbimbing pada proses pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 2) mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-C SMP Ekakapti Karangmojo semester genap tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 siswa. Objek penelitian adalah penerapan metode penemuan terbimbing. Instrumen penelitian yang digunakan diantaranya adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) teknik analisis data hasil belajar siswa dimana siswa dikatakan tuntas jika siswa mencapai standar kompetensi yang diharapkan, yaitu jika skor tes siswa mencapai ≥75; 2) teknik analisis data observasi dimana data hasil observasi diperoleh dari pengamat, yaitu guru mata pelajaran matematika dan teman sejawat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dengan menerapkan metode penemuan terbimbing dalam proses pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 61.76% dan siklus II sebesar 88.24%, sehingga setelah diterapkannya metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika terjadi peningkatan persentase sebesar 26.48%; 2) hasil dan proses belajar siswa menjadi lebih baik setelah menerapkan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi guru yang mengalami peningkatan sebesar 18,05% dan hasil aktivitas siswa yang mengalami peningkatan sebesar 11,67% selama penelitian siklus I dan II.

Kata kunci : Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar, Matematika

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: M. Irfan Rumasoreng., S.Pd., M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 18 Aug 2017 07:39
Last Modified: 19 Aug 2022 02:29
URI: https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/385